Peninjauan Lokasi Penanaman, dalam Rangka Harlah ke 99 Nahdatul Ulama Wilayah Barat

Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang (BPSI LHK Palembang) selaku caretaker Korwil UPT KLHK lingkup Provinsi Sumatera Selatan bersama Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Musi (DASHL Musi) dan Kepala Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah 1 mendampingi Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan pemantauan persiapan lokasi penanaman di Kampus B Jakabaring Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Patah Palembang.  Penanaman akan dilaksanakan pada Jumat, 4 Maret 2022 dalam rangka puncak peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-99 Nahdatul Ulama Wilayah Barat yang tentative dihadiri oleh Menko Perekonomian, Menteri LHK, Menteri Pertanian dan Menteri ESDM.

Menyambut rombongan, Rektor UIN Raden Patah, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si , didampingi Pembantu Rektor I, Muhammad Adil, dan Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Zuhdiyah, mengucapkan terimakasih atas pemantauan dan dukungan dalam persiapan lapangan guna kesuksesan seremonial penanaman yang akan dilaksanakan.

Setelah perkenalan, pertemuan dilanjutkan dengan berdiskusi dalam nuansa rileks oleh kedua belah pihak.  Kadishut Prov. Sumsel, Pandji Tjahjanto, S.Hut., M.Si, menjelaskan tujuan kunjungan selain untuk memastikan kesiapan pelaksanaan penanaman, juga menyatakan kesiapan Dishut Provinsi Sumatera Selatan serta satker UPT KLHK bekerjasama dengan UIN Raden Patah dalam bidang yang potensial dikerjasamakan. Terkait kegiatan penanaman,    Kepala Bidang Rehabilitasi Lahan Dishut Prov Sumsel, Sutomo, S.Hut., M.Si, mengingatkan agar untuk menentukan jenis bibit yang akan ditanam, ditelaah dahulu kecocokan lahan agar diketahui jenis yang cocok dan tolerir terhadap genangan air. 

Kepala Pengelolaan DAS HL Musi, Dr. Sultani Aziz, M.Sc, menyatakan bahwa salah satu tugas utama pimpinan UPT  di lingkup LHK adalah untuk mendukung  keberhasilan penanaman di Provinsi Sumatera Selatan dengan menyiapkan bibit tanaman yang diperlukan, mencakup tanaman buah dan tanaman kayu.   Diikatakan juga bahwa setelah penyediaan bibit tanaman, yang menjadi tantangan adalah pentingnya perawatan tanaman yang telah ditanam.  Kepala BPTH Wilayah 1, Ir. Nelsi Simanjuntak, M.Si, menyampaikan prosedur memperoleh bibit dengan membuat surat permohonan menjelaskan jenis dan jumlah bibit yang diperlukan, agar bibit dapat disiapkan. 

Kepala BPSI LHK Palembang, Bayu Subekti, S.Ip., M.Hum menyatakan siap mendukung dan bekerjasama dalam pelaksanaan penghijauan di kampus UIN Raden Patah.  Bayu menyatakan ada banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan BPSI LHK Palembang antara lain karena BPSI LHK Palembang memiliki 3 Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang dapat menjadi lokasi pembelajaran berbagai aspek tata kelola Hutan termasuk menelaah potensi konflik di kawasan hutan.  Juga dijelaskan bahwa tugas BPSI LHK Palembang mengkawal penerapan standar instrumen di Sumbagsel dan siap mendukung UIN Raden Patah dalam penerapan standar pelayaan umum di kampus. 

Tim dari UIN Raden Patah menyatakan butuh pendampingan dan pelatihan pemeliharaan tanaman dari Dishut dan UPT KLHK serta dalam pengelolaan air agar kampus UIN Raden Patah juga berperan dalam penyediaan air yang bersih bagi masyarakat.  Rektor UIN Raden Patah berkeinginan memaksimalkan kunjungan menteri LHK untuk penandatanganan MoU dengan KLHK dan juga potensial penandatanganan MoU antara Forum Rektor dengan KLHK.  Pertemuan ini memperbesar harapan terjalinnya kerja sama yang baik antara UIN Raden Patah dengan KLHK untuk membangun iklim yang lebih kondusif di Provinsi Sumatera Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *