Vaksin Booster untuk Keluarga Rimbawan

Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang__. Bekerja sama dengan Paguyuban Sinar Mas Sumsel, Jaringan Media Siber Indonesia dan Keluarga Rimbawan, Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang (BPSILHK Palembang), hari ini (Selasa, 15 Februari 2022) menggelar kegiatan Vaksin Booster Covid 19. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memberikan vaksin dosis ketiga bagi masyarakat yang telah melaksanakan vaksin dosis kedua dengan jarak waktu 6 bulan. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Puskesmas Punti Kayu sebagai penyedia vaksin. Adapun jeknis vaksin yang diberikan pada kesempatan pemberian booster vaksin ini adalah vaksin Astra-Zeneca.

Kegiatan vaksin booster dilaksanakan mulai jam 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB  di Ruang Rapat Tembesu BPSILHK Palembang, diikuti oleh keluarga besar rimbawan, keluarga besar paguyuban Sinar Mas Sumsel serta masyarakat umum, yang telah terdaftar pada pendaftaran beberapa hari sebelumnya. Sampai dengan penutupan, sejumlah 200 orang telah berhasil melaksanakan vaksin booster.

Penyelenggaraan pemberian vaksin ini diharapkan dapat berlanjut pada beberapa waktu ke depan, sebagai komitmen BPSILHK Palembang bersama para pihak dalam membantu Pemerintah menghadap pandemi Covid 19.

Kepala BPSILHK Palembang, Bayu Subekti, dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam upaya akselerasi pemberian vaksinasi Covid-19 ini. Langkah ini dapat menyukseskan program vaksinasi nasional dalam menanggulangi bahaya Covid-19.  Ia juga menambahkan bahwa pemberian vaksin booster dapat mendukung tercapainya herd immunity, yaitu suatu kondisi dimana ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga dapat memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Di kesempatan yang sama, Iwan Setiawan, Ketua Komisariat Daerah Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Sumsel, mengatakan pemberian vaksin booster ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi laju penyebaran virus Corona di Sumsel. “Dapat menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin”, pesannya.

Daniel Dewana, salah satu dari keluarga besar paguyuban PT. Sinar Mas Sumsel yang ikut mengambil kesempatan vaksin hari ini, menyatakan sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Pelayanan vaksinnya cepat dan tertib. Selain itu voucher dari pihak penyelenggara juga menambah daya tarik tersendiri”, ujarnya.

Begitu pula dengan pak Agustinus, yang mendapat informasi pemberian vaksin dari anaknya yang bekerja di salah satu Rumah Sakit di kota Palembang. Agustinus, yang baru pertama kali menyambangi komplek kantor kehutanan ini, mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara. “Rumah saya dekat dari sini, jadi saya memilih vaksin disini”, katanya. Kepada yang mengikuti vaksin booster ini, Dr. Lela, Kepala Puskesmas Punti Kayu, mengingatkan jika pasca vaksinasi pasien mengalami efek samping berupa demam, pasien boleh meminum paracetamol. Demam merupakan salah satu reaksi tubuh untuk membangun antibodi dan sel yang diperlukan untuk melawan virus. Dr. Lela juga menerangkan bahwa dosis yang diberikan di vaksin ketiga ini hanya setengah dari dosis pertama dan kedua yang 0,50. “Dosis yang disuntikan hanya 0,25, jadi seperti tidak berasa disuntik” ujarnya. (Fitri).

Leave a Reply

Your email address will not be published.