BPSILHK Palembang Inisiasi Kerja Sama Dengan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI)

Perwakilan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU III Plaju
Tinjau KHDTK Kemampo

Inisiasi kerja sama pengelolaan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Kemampo BPSILHK Palembang dengan PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (PT KPI RU III Plaju) telah terlaksana dengan meninjau langsung objek potensial kerja sama di KHDTK Kemampo (23/04/2024). Dalam kesempatan tersebut, kegiatan peninjauan dipimpin langsung oleh Bayu Subekti sebagai Kepala Balai. Kepala balai bersama anggota tim menjelaskan potensi kerja sama berdasarkan sumber daya yang dimiliki KHDTK Kemampo kepada tim PT KPI RU III Plaju, yaitu Fakhrian Fathu Rahman (Supervisor PROPER, ISO Reg. & ASM), Miftahul Jannah (Sr. Staff I Project Relation Proper Beyond Compliance), dan Fajar Setya Hadi (Community Development Officer).

Poin penting dalam kegiatan tersebut adalah diperolehnya pemahaman bersama bahwa kerja sama yang ingin diwujudkan akan memberi keuntungan antara kedua belah pihak. Bagi PT KPI RU III Plaju, kerjasama diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan peringkat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Sementara bagi BPSILHK Palembang, kerja sama yang akan terjalin dapat mendukung upaya pelaksanaan langkah strategis KHDTK Kemampo untuk tetap menjaga keberadaan aset KHDTK. Dengan terjaganya aset dengan baik, akan mendukung KHDTK Kemampo agar tetap mempunyai nilai sesuai fungsinya dan sekaligus menjadi pendukung rencana pengembangan KHDTK Kemampo menjadi KHDTK yang mandiri melalui konsep Ekoeduwisata.
Dukungan kerjasama dari pihak ketiga yaitu PT KPI RU III Plaju dan BPSILHK Palembang dalam pengelolaan KHDTK Kemampo bisa diwujudkan dalam tiga aspek kegiatan terkait: (1) Pengelolaan Keanekaragaman Hayati; (2) Perbaikan dan pemanfaatan prasarana di KHDTK Kemampo; dan (3) Optimalisasi pengembangan HHBK KHDTK Kemampo. Rencana kerja sama juga akan mempelajari peluang mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan yang juga merupakan amanat regulasi peraturan terkait pengelolaan kawasan. Pihak tim BPSILHK Palembang dan tim PT KPI RU III telah menyepakati rencana kerja sama pada tahap selanjutnya agar rencana tersebut segera diwujudkan.

Share Article:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PIMPINAN

KEPALA BALAI MENYAPA

Rumah baru di organisasi KLHK ini akan menjadi tempat dibangun dan dikembangkannya sinergi kolaborasi berbagai organisasisehingga dapat mewujudkan tata kelola LHK yang lebih kuat guna menjamin keberlanjutan sumber daya alam, ekonomi dan keberlanjutan sosial.

Recent Posts

  • All Post
  • Fokus Kita
  • Majalah
  • Peraturan Pemerintah
  • Seputar LHK
  • Standarnesia
  • Uncategorized
  • Undang-undang

Majalah Intens

Majalah Intens menyajikan beragam informasi mengenai implementasi standar lingkungan hidup dan kehutanan, mulai dari perumusan, pengembangan serta penerapan standar dan penilaian kesesuaian standar instrumen.

Jam Operasional

Senin 07:30 - 16:00 WIB
Selasa 07:30 - 16:00 WIB
Rabu 07:30 - 16:00 WIB
Kamis 07:30 - 16:00 WIB
Jumat 07:30 - 16:30 WIB
Sabtu Tutup
Minggu Tutup

Maps

Edit Template

About Me

 

Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang

© 2023 Created with BPSILHK PALEMBANG