Pembangunan Tegakan Benih Provenance (TBP) Nyamplung di KHDTK

Guna menghasilkan benih berkulitas, khususnya jenis Nyamplung (Calophyllum inophyllum L.), Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I akan membangun TBP Nyamplung seluas 10 Hektar di KHDTK Kemampo dalam skema kerja sama 3 (tiga) pihak melibatkan BPSILHK Palembang selaku pengampu pengelolaan KHDTK Kemampo dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai penyedia iptek.  Kerja sama akan dilandaskan pada prinsip mutual benefit dan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit Nyamplung yang berkualitas.  Kerjasama ini memiliki nilai strategis karena Nyamplung merupakan tanaman yang memiliki potensi tinggi sebagai alternatif Bahan Bakar Minyak (BBM) atau sumber energi baru terbarukan (EBT) sebagai bio fuel di masa yang akan datang. 

Sebagai bagian dari rangkaian persiapan pembangunan TBP Nyamplung, pada tanggal 11 Juni 2024 BPTH Wilayah I melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas SDM berupa Diskusi Pemuliaan Pohon Tanaman Hutan oleh Tenaga Ahli dari BRIN, Prof. Dr. Ir. Budi Leksono, MP sebagai narasumber. Diskusi dihadiri struktural dan staf di BPTH Wilayah I dan Kepala BPSILHK Palembang dan perwakilan tim pengelola KHDTK Kemampo sebagai peserta. Kegiatan ini bermanfaat sebagai media sharing ilmu pemuliaan pohon dan pembangunan sumber benih unggul dari narasumber kepada peserta. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan survey calon lokasi TBP Nyamplung di KHDTK Kemampo, Kabupaten Banyuasin, pada tanggal 12 Juni 2024 oleh perwakilan tim BPTH Wilayah I, BPSI LHK Palembang dan Tenaga Ahli BRIN (Prof. Budi Leksono). 

Bagi BPSILHK Palembang, rencana pembangunan plot nyamplung di KHDTK Kemampo diharapkan dapat mendorong upaya optimalisasi pemanfaatan areal KHDTK Kemampo yang ditujukan untuk menjadi lokus riset dan pengembangan iptek bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Selain itu juga berdampak pada upaya BPSILHK Palembang selaku pengelola KHDTK kemampo dalam mendukung para pihak (BPTH Wil.I) dalam penyediaan bibit Nyamplung untuk memenuhi strategi bauran energi nasional.

Share Article:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PIMPINAN

KEPALA BALAI MENYAPA

Rumah baru di organisasi KLHK ini akan menjadi tempat dibangun dan dikembangkannya sinergi kolaborasi berbagai organisasisehingga dapat mewujudkan tata kelola LHK yang lebih kuat guna menjamin keberlanjutan sumber daya alam, ekonomi dan keberlanjutan sosial.

Recent Posts

  • All Post
  • Fokus Kita
  • Majalah
  • Peraturan Pemerintah
  • Seputar LHK
  • Standarnesia
  • Uncategorized
  • Undang-undang

Majalah Intens

Majalah Intens menyajikan beragam informasi mengenai implementasi standar lingkungan hidup dan kehutanan, mulai dari perumusan, pengembangan serta penerapan standar dan penilaian kesesuaian standar instrumen.

Jam Operasional

Maps

Edit Template

About Me

 

Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang

© 2024 Created with BPSILHK PALEMBANG