Menuju Pusat Jernang Indonesia

“Bapak dan Ibu sudah mempunyai modalitas untuk membuat Pusat Jernang di Indonesia, percaya diri dan yakin akan tujuan ke depan” ujar Prof. Agus Susatya, Dosen Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan, Universitas Bengkulu, mengawali diskusi dengan tim BPSILHK Palembang untuk implementasi kegiatan kerja sama AFoCO/035/2022 project. Apresiasi dan motivasi ini disampaikan kepada tim BPSILHK Palembang yang berkunjung untuk berdiskusi mengenai identifikasi praktik baik pengelolaan jernang di hutan alam yang dilakukan masyarakat Bengkulu, Rabu (12/6/2024) di Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan, Universitas Bengkulu. Menurut Prof. Agus Susatya, jernang, selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, nilai konservasinya pun tak kalah tinggi apalagi bila dikaitkan dengan target FoLU Net Sink 2030.

Motivasi yang sama juga diberikan Dosen Pemuliaan Pohon, Universitas Bengkulu, Ir. Putranto Budiono Agung Nugroho, MSc manakala tim menceritakan rencana pengembangan pengelolaan jernang di hutan alam dan hasil koordinasi yang telah dilakukan dengan beberapa stakeholders lainnya. Lebih lanjut dikatakan Pusat Jernang ini nantinya bisa menjadi sekolah lapangan bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengembangkan jernang di Indonesia.

Penyusunan standardisasi pengelolaan jernang di hutan alam merupakan langkah awal di tingkat hulu bagi pengelolaan jernang di Indonesia. Selama ini, dalam memanen jernang di hutan alam, banyak penjernang yang menebang pohonnya sehingga ketersediaan tegakan rotan jernang di alam semakin berkurang. Pola pemanenan yang tidak lestari ini memicu menurunnya populasi rotan penghasil jernang di alam. Apabila praktik ini dibiarkan, bukan tidak mungkin jernang di hutan alam hanya akan jadi cerita. Upaya BPSILHK Palembang melalui berbagai kegiatan dalam lingkup proyek Afoco 35/2024 diharapkan dapat mendorong praktek pengelolaan jernang dari hutan alam yang lestari, berkelanjutan dan memberikan dampak ekonomi nyata bagi masyarakat.

Share Article:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PIMPINAN

KEPALA BALAI MENYAPA

Rumah baru di organisasi KLHK ini akan menjadi tempat dibangun dan dikembangkannya sinergi kolaborasi berbagai organisasisehingga dapat mewujudkan tata kelola LHK yang lebih kuat guna menjamin keberlanjutan sumber daya alam, ekonomi dan keberlanjutan sosial.

Recent Posts

  • All Post
  • Fokus Kita
  • Majalah
  • Peraturan Pemerintah
  • Seputar LHK
  • Standarnesia
  • Uncategorized
  • Undang-undang

Majalah Intens

Majalah Intens menyajikan beragam informasi mengenai implementasi standar lingkungan hidup dan kehutanan, mulai dari perumusan, pengembangan serta penerapan standar dan penilaian kesesuaian standar instrumen.

Jam Operasional

Maps

Edit Template

About Me

 

Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang

© 2024 Created with BPSILHK PALEMBANG