GALI POTENSI PENERAPAN SPM-FP PASAR RAKYAT DI PALEMBANG

BPSILHK Palembang.__Sinergi kinerja penerapan standar sektor lingkungan hidup dan kehutanan diwujudkan Balai Penerapan Standar Instrumen LHK (BPSILHK) Palembang dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang dalam upaya penerapan Standar Khusus Pasar Rakyat, yang merupakan salah satu bentuk Standar Pelayanan Masyarakat Fasilitas Publik (SPM-FP).

Dalam kesempatan kunjungan Kepala Pusat Fasilitasi Penerapan Standar Instrumen (Pusfaster) LHK di kantor DLHK Kota Palembang (28/6/2022), Yeri Permata Sari, S.Hut., M.T., M.Sc. memberikan arahan terkait SPM-FP Pasar Rakyat. Penerapan standar khusus tersebut merupakan inisiasi awal untuk dapat diterapkan di kota Palembang dan tidak menutup kemungkinan penerapan SPM-FP lainnya, seperti SPM-FP Tempat Peribadatan, SPM-FP Pusat Perbelanjaan, SPM-FP MICE, SPM-FP Pondok Pesantren.

Kepala Dinas Dr. H. Akhmad Mustain, S.STP., M.Si. menyambut baik inisiasi penerapan SPM-FP Pasar Rakyat yang menjadi bagian dari tusi Badan Standardisasi Instrumen LHK (BSILHK) melalui BPSILHK Palembang. Dalam kesempatan yang sama, Kepala DLHK Kota Palembang beserta jajarannya merasa bangga karena merasa terpilih dan terpanggil untuk berperan aktif mengawal penerapan standar. Bahkan jika penerapan SPM-FP tentang Pasar Rakyat bisa diterapkan dan menjadi pionir bagi kota atau kabupaten di Sumatera, maka akan menjadi sebuah prestasi dan keunggulan tersendiri bagi DLHK Kota Palembang pada khususnya, dan Pemerintah Kota Palembang pada umumnya. Kepala DLHK secara langsung juga memberikan arahan kepada jajarannya untuk menyampaikan rencana penerapan beberapa SPM-FP secara menyeluruh kepada para pengelola fasilitas publik yang ada di Palembang, dengan disertai link dokumen dan kontak nara hubung penerapan standar terkait.

Langkah awal penerapan SPM-FP tentang Pasar Rakyat diwujudkan dengan melakukan peninjauan di Pasar Rakyat Kebon Semai, yang akan dijadikan model penerapan. Didampingi oleh pengelola pasar, PD Pasar Palembang Jaya, tim Pusfaster, BPSILHK Palembang, dan DLHK Kota Palembang menghimpun informasi awal terkait beberapa indikator kriteria pelaksanaan standar, meliputi efisien energi, air, sampah, materi bangunan, dan penghijauan. Dalam hal ini, penggunaan listrik dan air serta pengelolaan sampah menjadi fokus pembenahan dalam upaya penerapan SPM-FP Pasar Rakyat. (Peliput: Maliyana Ulfa, Teten Rahman Saepuloh).

Leave a Reply

Your email address will not be published.