BPSILHK PALEMBANG BANTU WUJUDKAN KAMPUS HIJAU UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Balai Penerapan Standar LHK Palembang.__Menindaklanjuti rapat inisiasi kerja sama yang dilakukan hari Jumat (3/05/2022) yang lalu antara Kepala Biro Perencanaan dan Kepala-Kepala UPT KLHK lingkup Provinsi Sumatera Selatan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang, hari ini (Senin, 6/06/2022) tim BPSILHK Palembang mengunjungi kampus UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam pertemuan tersebut, UIN Raden Fatah Palembang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. M. Adli, M.A dan Wakil Rektor II, Dr. Abdul Hadi, M.Ag. Kedua Wakil Rektor ini menyambut baik kunjungan ini dan mengapresiasi dukungan yang diberikan BPSILHK Palembang dalam mewujudkan cita-cita dan harapan organisasi UIN Raden Fatah Palembang. 

Di kesempatan tersebut, Kepala BPSILHK Palembang, Bayu Subekti, mengenalkan lembaga BPSILHK Palembang sebagai institusi yang baru dibentuk oleh KLHK untuk mengawal penerapan standar instrument LHK di tingkat tapak. Bayu juga menjelaskan beberapa peluang dan potensi untuk saling bersinergi dan berkolaborasi.

Bayu menekankan setidaknya ada 3 stressing point  yang bisa dikerjasamakan, yaitu pendampingan penerapan Standar Pelayanan Masyarakat untuk Fasilitas-Fasilitas Publik Perguruan Tinggi (SPMFP-PT) untuk mewujudkan Kampus Hijau yang menjadi target UIN Raden Fatah Palembang di tahun 2039, pemanfaatan areal KHDTK yang dikelola oleh BPSILHK Palembang untuk kegiatan tri dharma perguruan tinggi serta pendampingan mahasiswa di bidang penerapan standardisasi.  Bayu menambahkan penerapan SPM-FP di UIN Raden Fatah Palembang ini akan dapat menambah nilai lebih bagi UIN Raden Fatah Palembang dalam mendapatkan UI Green Metric World University Rangking.  

Merespon pertemuan ini, Wakil Rektor I, Dr. M. Adli, M.A, berharap bisa bekerja sama dengan BPSILHK Palembang dalam mewujudkan Kampus Hijau. UIN Raden Fatah Palembang bercita-cita untuk go internasional dan masuk dalam nominasi UI Green Metric World University Rangking, dan berharap BPSILHK Palembang bisa turut mengawal upaya cita-cita UIN Raden Fatah Palembang tersebut.

Lebih jauh, Adli mengatakan UIN Raden Fatah Palembang berharap bukan hanya dapat menciptakan kampus yang hijau tapi juga membentuk civitas akademika yang berkarakter islami terutama dalam membumikan perintah Allah SWT dalam menjaga alam yang terefleksikan dalam wujud UIN sebagai Kampus Hijau. (Fitri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *